Penggunaan Model Pembelajaran Berbasis Masalah pada Materi Ketenagakerjaan untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa pada Mata Pelajaran Ekonomi di Kelas 11 MIPA 1
Keywords:
Problem Based Learning, Hasil Belajar Siswa, Pembelajaran Ekonomi SMAAbstract
Kurangnya kemampuan guru untuk menciptakan pembelajaran ekonomi yang menyenangkan sehinggan menyebabkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran ekonomi relatif rendah. pembelajaran ekonomi yang monoton dan berpusat pada guru membuat siswa bosan dan tidak termotivasi untuk belajar. penelitian ini bertujuan untuk menganalisis model pembelajaran berbasis masalah terhadap hasil belajar ekonomi pada materi ketenagakerjaan siswa sma. jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (ptk) dilakukan dengan dua siklus. subjek penelitian adalah 20 siswa di kelas xi mipa 1 di sma negeri 2 huruna. pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan tes pilihan ganda dan observasi aktivitas siswa. data mengenai hasil belajar dan observasi aktivitas siswa dianalisis dengan menggunakan teknik analisis deskriptif kuantitatif. secara khusus dilakukan dengan memeriksa persentase observasi aktivitas siswa dan persentase ketuntasan belajar siswa. data yang diperoleh dari dua kegiatan yaitu siklus i dan siklus ii, menunjukkan bahwa rata-rata skor pemahaman siswa pada materi ketenagakerjaai meningkat sebesar 60,50 poin dari siklus i menjadi 83,50 poin. nilai rata pemahaman siswa terhadap materi menarik meningkat sebesar 23 poin dari siklus i ke siklus ii, dan persentase siswa yang mencapai ketuntasan meningkat sebesar 72,28% dari siklus 1 ke siklus 2. berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran problem based learning mampu meningkatkan hasil belajar siswa pada materi ketenagakerjaan.
References
Alhafidz, M. R. L., & Haryono, A. (2018). Pengembangan Mobile Learning Berbasis Android Sebagai Media Pembelajaran Ekonomi. Jurnal Pendidikan Ekonomi, 11(2). https://dx.doi.org/10.17977/UM014v11i22018p0107.
Arikunto, S. (2013). Dasar-Dasar Evaluasi Pendidikan. Bumi Aksara.
Asmara, A. S., Hardi, H., & Ardiyanti, Y. (2019). Contextual learning on Mathematical subjects to enhance
student motivation for learning in vocational high school. JPI (Jurnal Pendidikan Indonesia),
(2),228. https://doi.org/10.23887/jpi-undiksha.v8i2.13499.
Atminingsih, D., Wijayanti, A., & Ardiyanto, A. (2019). Keefektifan Model Pembelajaran PBL Media Audio
Visual Terhadap Hasil Belajar IPA Kelas III SDN Baturagung. Mimbar PGSD, 7(2).
http://dx.doi.org/10.23887/jjpgsd.v7i2.17560.
Bahari, N. K. I., Darsana, I. W., & Putra, D. K. N. S. (2018). Pengaruh Model Discovery Learning
Berbantuan Media Lingkungan Alam Sekitar terhadap Hasil Belajar IPA. Jurnal Ilmiah Sekolah
Dasar, 2(2), 103. https://doi.org/10.23887/jisd.v2i2.15488.
Cahyono, A. E. (2017). Evaluasi pelaksanaan authentic assessment berdasarkan kurikulum 2013 dalam
pembelajaran ekonomi di Sma Islam Al-Hidayah Jember. EQUILIBRIUM : Jurnal Ilmiah Ekonomi
Dan Pembelajarannya, 5(1), 1. https://doi.org/10.25273/equilibrium.v5i1.1012.
Djonomiarjo, T. (2019). Pengaruh Model Problem Based Learning Terhadap Hasil Belajar. Aksara: Jurnal
Ilmu Pendidikan Nonformal, 5(1), 39. https://doi.org/10.37905/aksara.5.1.39-46.2019.
Eismawati, E., Koeswanti, H. D., & Radia, E. H. (2019). Peningkatan hasil belajar matematika melalui model pembelajaran problem based learning (PBL) siswa kelas 4 SD. Jurnal Mercumatika : Jurnal Penelitian Matematika Dan Pendidikan Matematika , 3(2),
https://doi.org/10.31764/justek.v1i1.416.
Elita, G. S., Habibi, M., Putra, A., & Ulandari, N. (2019). Pengaruh Pembelajaran Problem Based Learning
dengan Pendekatan Metakognisi terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis. Mosharafa:
Jurnal Pendidikan Matematika, 8(3), 447–458. https://doi.org/10.31980/mosharafa.v8i3.517. Febriana, R., Yusri, R., & Delyana, H. (2020). Modul Geometri Ruang Berbasis Probl em Based Learning Terhadap Kreativitas Pemecahan Masalah. AKSIOMA: Jurnal Program Studi Pendidikan Matematika,
(1), 93. https://doi.org/10.24127/ajpm.v9i1.2591.
Haji, A. G., Safriana, S., & Safitri, R. (2015). The use of problem based learning to increase student.